Penanganan Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

“Dok, obat apa ya yang boleh untuk sakit gigi pada ibu hamil?” Begitu kira-kira obrolan sebagian besar dokter gigi ditempat prakteknya. Satu pertanyaan yang sederhana. Namun harus dijawab dengan tuntas. Alih-alih memberikan saran penanganan yang tepat, malah seringkali pasien dibuat bingung oleh jawaban sang dokter. Hingga timbul pertanyaan. “Dokter kok bingung sih dok?” Penanganan sakit gigi pada ibu hamil memang unik. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Semua berkenaan dengan keluhan-keluhan yang menyertainya. Diantaranya keluhan gusi berdarah, sariawan sampai pada nyeri di gigi. Dan biasanya perubahan hormonal menjadi biangnya. Padahal perlu juga di lihat bahwa kelaianan pada rongga mulut saat kehamilan juga disebabakan oleh kebersihan mulut yang buruk, perasaan mual dan muntah, sering ngemil atau makan makanan manis juga timbulnya rasa malas untuk menggosok gigi.

Pada beberapa kasus ringan, seperti rasa nyeri di gigi (sakit gigi) perlu dilakukannya penanagan yang cepat. Dan biasanya ibu hamil akan membeli obat-obat dipasaran. Pada beberapa kasus mungkin akan mengakibatkan permasalahan lanjutan pada kehamilan itu sendiri. Jadi sebaiknya untuk menghindari keluhan gigi dan mulut selama hamil, sebagai tindakan pencegahan, kunjungi dokter gigi Anda jika Anda merencanakan kehamilan. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi Anda jika Anda hamil. Berikut tips menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil.

  1. Gunakan sikat dan lembut dengan ukuran yang sesuai
  2. Pada ibu hamil yang sering muntah dan mengeluarkan air liur, jangan lupa untuk rajin berkumur. Bisa dengan air hangat yang dibubuhi garam. Kumur dengan air hangat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa lemak pada rongga mulut dan sela gigi.
  3. Pilih pasta gigi yang tidak merangsang alergi, terutama untuk gigi yang sensitif. Dan yang terpenting adalah memilih pasta gigi yang akan membuat kondisi mulut segar dan nyaman.
  4. Lakukan penyikatan gigi secara benar dan gerakan sikat melingkar dengan hati-hati disela-sela gigi. Sikat gigi atas kearah bawah, sikat gigi bawah kearah atas. Minimal menggosok gigi 2x sehari.
  5. Bila ada gangguan kesehatan pada mulut yang perlu menggunakan obat kumur, sebaiknya dibaca label pada kemasan tentang keterangan kontra indikasi untuk ibu hamil. Penggunaan obat kumur perlu berkonsultasi dengan dokter gigi.
  6. Bila mempunyai gigi palsu, lakukan perawatan gigi palsu secara teratur.
  7. Gunakan Dental Floss (benang gusi) untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip diantara geligi.
  8. Kurangi konsumsi makanan yang manis dan asam karena berpotensi merusak gigi.
  9. Penuhi kebutuhan kalsium sesuai anjuran dokter, karena kalsium yang dikonsumsi juga diserap oleh calon bayi terutama di trimester pertama pada tahap perkembangan gigi janin.
  10. Konsumsi buah yang berserat, yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin B12 karena baik untuk gusi.
  11. Apabila sudah terlanjur mengalami masalah gigi selama kehamilan, maka dokter gigi perlu mengambil tindakan untuk menanganinya.

Dan yang perlu diingat selama masa kehamilan adalah:
– Kehamilan dapat menyebabkan masalah gigi tertentu pada beberapa perempuan.
– Diperkirakan bahwa sekitar 18 dari setiap 100 kelahiran prematur mungkin dipicu oleh penyakit periodontal, yang merupakan infeksi kronis pada gusi.
– Anda cenderung memiliki masalah gigi selama kehamilan jika anda memiliki kebiasaan membersihkan mulut yang buruk.

Oleh : drg. F. Basoro dari berbagai sumber Sumber foto : google.com

Iklan

Diterbitkan oleh

Basoro

Dokter Gigi Rumah Sakit, Bapak 3 Anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s