Berubah Atau Tidak

…. Saya masih harus belajar banyak memahami kultur yang sedang berjalan di Puskesmas Barabai….

Itulah yang saya sampaikan pada perbincangan sore hari dengan Beliau-nya.

Dan itu juga yang menyebabkan saya terus-menerus mendatangi masing-masing poli dan bagian-bagian di puskesmas. Ingat ya.. saya tidak memanggil para koordinator dan pemegang program. Tapi saya yang mendatangi kemasing-masing ruangan.

Sudah ada beberapa yang saya datangi. Ada yang seharian saya duduk sambil tanya ini-itu. Atau sekedar sebentar sambil “say hello”. Saya memang ingin benar-benar memahami kultur masing-masing bagian di Puskesmas Barabai. Saya juga ingin tahu apa keinginan mereka, apa harapan mereka dan apa mimpi mereka tentang puskesmas kedepan. Ya sekaligus mengenal masing-masing staff saya secara personal.

Saya juga memastikan, dengan datang langsung ke ruangan-ruangan, saya jadi tahu apa yang terjadi di bagian itu. Kebersihan ruangannya, kamar mandinya, penataan meja kursi, sampai poster-poster didinding tidak luput dari pengamatan saya. Sekedar menerka-nerka kultur aslinya.

Lalu menyimpulkan. Jelekkah atau baikkah kulturnya. Perlukan ada penyeragaman. Atau dibiarkan saja? Bagaimana dengan penyelesaian tugas-tugas? Ada kendala apa tidak? Perlukan dibuat aturan-aturan baru? Ataukah bertahan dengan kesepakatan-kesepakatan lama?

Ide-ide baru sangat diperlukan. Inovasi-inovasi adalah keniscayaan. Syaratnya adalah mudah dilaksanakan dan langsung terasa manfaatnya. Ingat, saya memimpin puskesmas Barabai dipenghujung anggaran. Dan posisi keuangan puskesmas yang masih abu-abu. Sedikitkah sisanya, atau malah defisit?.

Lalu, tentang menganti personal-personal, saya sangat berhati-hati. Disamping saya tidak memahami program-program tahun 2016, juga berkaitan dengan pertanggung jawaban BOK dan JKN serta kegiatan-kegiatan tahun berjalan. Ditambah lagi proses akreditasi puskesmas yang saya hidupkan lagi setelah mati suri. Sangat tidak adil bagi staff saya kali harus dipusingkan dengan pengantian-pengantian personal. Entah pemegang program atau bendahara-bendahara. Biarlah jalan dulu. Toh satu bulan lagi sudah berganti anggaran.

*Bagaimana pendapat anda?*

Barabai, 20:30 30112016

Iklan

Diterbitkan oleh

Basoro

Dokter Gigi Rumah Sakit, Bapak 3 Anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s